haha69
haha69
haha69
haha69
haha69
haha69
Resmi masuk endemik, mengingat mulainya pandemi Covid-19 di Indonesia

Resmi masuk endemik, mengingat mulainya pandemi Covid-19 di Indonesia

Read Time:1 Minute, 58 Second

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah resmi mengumumkan pencabutan status pandemi Covid-19 atau virus corona. Saat ini, Indonesia resmi memasuki masa endemik Covid-19.

Pengumuman tersebut secara resmi disampaikan Presiden Jokowi dalam keterangannya melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (21/6/2023).

“Hingga hari ini, Rabu 21 Juni 2023, pemerintah telah memutuskan untuk mencabut status pandemi,” ujarnya.

Lantas bagaimana awal mula pandemi Covid-19 di Indonesia?

Baca juga: Bawaslu Tak Masalah Jokowi Cawe-cawe: Biasa saja

Kasus Corona atau Covid-19 pertama kali ditemukan di Indonesia pada Maret 2020. Kasus penularan pertama terungkap setelah pasien 01 kontak erat dengan warga negara Jepang yang dinyatakan positif Covid -19 saat diperiksa di Malaysia, pada malam Valentine. Hari 14 Februari 2020.

Dua hari kemudian, pasien 01 merasa tidak enak badan dan mengeluhkan gejala yang mirip dengan Covid-19. Gejala yang dirasakan pasien 01 yaitu batuk, sesak dan demam dirasakan selama 10 hari.

Dia pun dilarikan untuk berobat ke RS Depok. Pasien 01 juga dirawat dan didiagnosis menderita bronkopneumonia, sejenis pneumonia yang menyebabkan radang paru-paru.

Setelah rekannya di Jepang dilaporkan positif Covid-19, pasien langsung dirujuk ke RS Sulianti Saroso.

Setelah melakukan berbagai tes, Pasien 01 dinyatakan positif Covid-19 pada 1 Maret 2020. Sementara itu, awal mula Corona di Indonesia baru diumumkan keesokan harinya.

Baca juga: Jokowi berharap perekonomian di daerah membaik setelah libur Idul Adha dinaikkan menjadi 3 hari

Sejak kasus tersebut, pemerintah bergegas melakukan berbagai upaya untuk mencegah dampak penyebaran virus corona.

Pemerintah bahkan telah menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB. Kemudian, pemerintah menetapkan penetapan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM).

Kebijakan PPKM resmi dicabut akhir tahun lalu. Pemerintah juga mulai mengakhiri kebijakan wajib mengenakan masker di tempat umum, termasuk di angkutan umum.

Sebelumnya, Presiden Jokowi juga memberikan sinyal terkait pengumuman bahwa Indonesia memasuki masa endemik. Saat itu, Presiden Jokowi menyampaikan bahwa di masa endemik, pemerintah tidak lagi menanggung biaya pengobatan jika terpapar Covid-19.

Selama hampir 10 tahun menjadi presiden, Jokowi mengungkapkan tugas dan tanggung jawab terberatnya, yakni menangani Covid-19.

Presiden Jokowi menilai keberhasilan memerangi pandemi Covid-19 menjadi sesuatu yang patut disyukuri. Ia mengajak masyarakat Indonesia mengingat masa-masa sulit di awal perjuangan melawan Covid-19.

“Kita ingat awalnya kita berebut masker dengan semua negara, harganya mencapai Rp 500.000, kita beli obat sampai naik 20-30 kali lipat, l” Beli vaksin juga sama, dan buru-buru. -memesannya,” katanya.

Kontributor: Syifa Khœrunnisa

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Pemerintah resmikan pada 1 Dzulhijjah 1444 H, kapan hari Tasyrik 2023? Previous post Pemerintah resmikan pada 1 Dzulhijjah 1444 H, kapan hari Tasyrik 2023?
Keras Gumay Prediksi Artis Initial R Selingkuh Sejak 2022, Rendy Kjaernett dan Syahnaz Sadiqah? Next post Keras Gumay Prediksi Artis Initial R Selingkuh Sejak 2022, Rendy Kjaernett dan Syahnaz Sadiqah?